Wednesday, September 4, 2013

Wakapolri Ancam Tindak Tegas Polisi Penganiaya Tahanan

JAKARTA - Wakapolri Komjen Pol Oegroseno mengancam bakal menindak tegas oknum polisi yang kedapatan melakukan penganiayaan terhadap tahanan. Oegroseno mengatakan polisi tidak boleh melakukan kekerasan terhadap tahanan dalam kasus apapun.
"Kalau ada yang disiksa akan saya tindak tegas polisi yang bersangkutan," kata Oegroseno di acara penutupan Apel Kasatwil Tahun 2013, di Markas Komando Brimob, Kelapa Dua, Depok, Rabu (4/9).
Jenderal bintang tiga ini menilai pendekatan kekerasan terhadap tahanan tidak relevan lagi dizaman sekarang ini. Karena itu jajaran Polda, Polres maupun Polsek mesti berhati-hati karena semua tindakan polisi diawasi oleh aturan HAM.
"Jangankan disiksa, digigit nyamuk demam berdarah sekali pun polisi harus bertanggung jawab," pungkas mantan Kepala Baharkam.
Sejatinya Kapolri Jendral Timur Pradopo akan menutup acara Apel Kasatwil tahun 2013 ini, namun ia berhalangan dan digantikan oleh Oegroseno.
Apel Kasatwil itu sendiri diikuti oleh seluruh Kapolres seluruh Indonesia, dalam acara ini hadir pula perwakilan dari KPU, Bawaslu, Kemenkes, Kemenkokesra, dan instansi negara lain. (fat/jpnn)

No comments:

Post a Comment