Sunday, June 16, 2013

RESEP KUE APAM PIDIE ( MARTABAK MANIS ACEH )

Apam Pidie, adalah peganan sejenis kue dadar yang sering ditemukan dijajakan di pinggir jalan di Aceh. Rasanya yang enak dan manis dan paling lezat bila masih hangat dan baru saja di masak.

Di Aceh kue Martabak Manis ini dinamakan apam pidie. Martabak manis yang terkenal di antaranya adalah Apam Pidie, Aceh dengan berbagai variasi isi dan rasa, seperti kacang tanah, wijen, coklat, durian, keju, pisang, kismis dan sebagainya.

BAHAN :
500 g tepung terigu protein sedang
660 ml air 1/2 sdt ragi instan
1 sdt baking powder
2 butir telur ayam, kocok lepas
125 g gula pasir
1/2 sdt garam halus
1 sdm margarin, dilelehkan 1/4 sdt bubuk/pasta vanili

BAHAN ISI :

100 g keju parut atau bisa juga diganti dengan kacang tanah cincang sangrai (tergantung selera) Coklat butir (meses)secukupnya 60 ml susu kental manis

CARA MEMBUAT :

1. Semua bahan, kecuali air dan baking powder, dicampur dan diaduk rata. Kemudian tuang air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga tercampur rata.
2. Kocok adonan dengan mixer selama 5 menit, diamkan 40 menit. Tambahkan baking powder, aduk rata.
3. Panaskan wajan datar antilengket beralas tebal yang beroles sedikit margarin. Tuang adonan, ratakan. Masak hingga terbentuk gelembung-gelembung. Tutup dan masak hingga matang. Angkat. 4. Olesi permukaan martabak manis dengan margarin, taburi keju parut atau kacang tanah cincang sangrai dan susu kental manis. Lipat menjadi dua sehingga berbentuk setengah lingkaran. Dinginkan.
5.Potong-potong, martabak manis siap dihidangkan.

Untuk 40 potong (+/- 4 loyang)

Selamat Menikmati

Kabar ACEH

No comments:

Post a Comment