Sunday, September 1, 2013

Mualem Buka Lomba Pacuan Kuda Tradisional Gayo Lues

Foto : Pacuan kuda di Gayo Lues

Gayo Lues - Wakil Gubernur Aceh Muzakir Manaf atau kerap disapa Mualem dijadwalkan membuka turnamen pacuan kuda di Gayo Lues, sekitar pukul 10.00 Wib pada Sabtu 31 Agustus 2013.

Turnamen itu digelar dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 68 dan dipusatkan di Stadion Pacuan Kuda Buntul Nege, Blangkejeren. Turnamen pacuan kuda merupakan tradisi budaya di Gayo Lues yang hampir setiap tahunnya digelar.

Tahun ini, beberapa kabupaten seperti Aceh Tengah dan Bener Meriah turut memeriahkan pacuan kuda tradisional tersebut selama sepekan.

Sedikitnya 85 ekor kuda diikutsertakan dalam lomba pacuan kuda tradisional di Gayo Lues, Sabtu 31 Agustus 2013. Turnamen itu digelar dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun RI ke 68 yang diikuti oleh tiga kabupaten di dataran tinggi Gayo.

Ke 85 kuda yang diikutsertakan, 25 di antaranya berasal dari Bener Meriah, 25 dari Aceh Tengah, dan sisanya dari Gayo Lues. Pacuan kuda tradisional ini digelar setiap tahun dan mampu memikat wisatawan asing untuk berkunjung ke dataran tinggi Gayo

No comments:

Post a Comment