Sunday, September 1, 2013

Pertamina Incar Sumber Daya Panas Bumi ( Geothermal ) Gunung Seulawah Agam, Aceh Besar

Foto : Ilustrasi Tenaga Panas Bumi


BANDA ACEH - Jika selama ini Pertamina identik dengan migas (minyak dan gas), kemungkinan ke depan perusahaan milik negara tersebut akan menggarap proyek geothermal (panas bumi) sebagai sumber energi listrik. Kemungkinan ke arah itu semakin terbuka karena Pertamina menempati ranking teratas pada lelang proyek geothermal Seulawah Agam, Aceh Besar, menyisihkan tiga perusahaan lainnya, termasuk PT PLN.

Dari empat perusahaan yang ikut tender proyek listrik panas bumi Seulawah pada Desember 2010, Pertamina menduduki ranking teratas dalam penilaian panitia tender," kata Kadistamben Aceh, Ir Said Ikhsan didampingi Sekretaris Panitia Tender Proyek Listrik Panas Bumi Seulawah Agam, Ir T Syakur kepada Serambi, Jumat (30/8). Mengenai eksplorasi, menurut Said menunggu penetapan Gubernur Aceh.

Said Ikhsan menjelaskan, tahapan pelelangan proyek geothermal Seulawah sudah masuk tahap evaluasi akhir terhadap perusahaan yang akan menjadi calon pelaksana proyek tersebut.

Awalnya, kata Said Ikhsan, ada lima perusahaan yang mendaftar untuk mengikuti tender bebas eksplorasi geothermal Selawah. Namun, dalam perjalanannya, satu perusahaan mundur dalam tahapan prakualifikasi. Yang tinggal adalah Pertamina, PLN, Chevron, dan Toba Sejahtera.

No comments:

Post a Comment