Monday, July 15, 2013

Sambai Oun Peugaga, Lalapan Khas Aceh Kala Berbuka Puasa


Nama yang biasa dikenal untuk tanaman ini selain Pegagan adalah daun kaki kuda dan antanan.

SAMBAI on pegaga atau lalapan daun pegagan (Centella asiatica) salah satu penganan khas yang kerap ditemui di timur Aceh. Mulai dari Pidie hingga Aceh Timur, saat Ramadan banyak penjual menjajakan kuliner ini.

Di Aceh daun ini disebut pegaga. Sementara di Banjar bernama jalukap, daun kaki kuda (Melayu), ampagaga (Batak), antanan (Sunda), gagan-gagan, rendeng, cowek-cowekan, pane gowang (Jawa), piduh (Bali) sandanan (Papua), semanggen (Indramayu), pagaga (Makassar), daun tungke (Bugis).

SAMBAI on pegaga hasil racikan Chik Miah termasuk yang laris diburu pembeli di Pasar Keude Caleue. Perempuan ini menceritakan cara mengolah penganan itu.

Kata Chik Miah, meracik sambai tidak susah. Bahan-bahanya pun masih mudah didapat. Daun pegaga sendiri jenis tumbuhan di atas tanah kering bersama rerumputan dan bisa dicari di pematang sawah.

Tapi untuk mendapatkan dalam jumlah banyak, Chik Miah biasanya membeli di Pasar Beureunun, beberapa kilometer dari Caleue.

Agar sambai on pegaga lebih lengkap, Chik Miah menambahnya dengan racikan dari berbagai macam daun. Dahulu, kata Chik Miah, orang menyebutnya 44 jenis daun. Di antaranya daun mengkudu, daun jeruk perut, daun geulima, serai, dan lain-lain.

"Makin banyak daun makin bagus karena daun-daun yang dimakan tersebut nantinya akan menjadi saksi bagi orang yang berpuasa," ujarnya.

Sepintas, bahan-bahan membuat sambai on peugaga ini sama dengan jumlah membuat Ie Bu Peudah, yakni 44 macam dedaunan.

Agar mudah dipotong, daun-daun itu dikumpulkan dalam satu ikatan besar lalu diiris halus-halus.

Tak hanya dedaunan, sambai on pegaga juga memakai kelapa kukur gonseng yang telah ditumbuk atau digiling.

Selain itu juga memakai asam sunti, ikan keumamah, cabe ramit, dan bawang merah, yang juga diiris dan dirajang halus.

Lalu semua irisan dicampur dengan kelapa gonseng yang sudah ditumbuk kemudian diaduk hingga merata sehingga jadilah sambai on pegaga.

Lalapan ini bisa dimakan begitu saja atau menjadi lauk saat berbuka puasa. Sambai on pegaga dipercaya aman dikonsumsi orang yang mengidap jenis penyakit apapun

No comments:

Post a Comment