Friday, July 19, 2013

Pasar Tradisional Atjeh Adalah Pasar Terbaik di Indonesia

"Selama saya melakukan peresmian terhadap seluruh bangunan pasar yang ada di seluruh Indonesia, pasar Atjeh yang terbaik," kata Gita pada saat meresmikan pasar Atjeh II Selasa, (16/7), di Banda Aceh.

Foto : Peresmian Pasar Aceh Oleh Gita Wiryawan Mendag RI

BANDA ACEH - Menteri Perdagangan Republik Indonesia Gita Wirjawan mengaku, bangunan Pasar Atjeh di Banda Aceh adalah yang terbaik di seluruh Indonesia.

Gita Wirjawan juga mengaku, Pasar Atjeh juga memiliki sejarah dahulunya, yakni satu-satunya pasar yang mampu membuka jalur bisnis ke seluruh dunia.

"Semoga kedepan Aceh kembali bisa melakukan hal yang sama, seperti masa lalu. Dimana dapat membuka jalur dagang ke sejumlah Negara asia dan eropa," ujarnya.

"Pasar Atjeh II ini memang pasar modern, tetapi tetap menjadi pasar tradisional milik masyarakat. Kompleks Pasar Atjeh ini juga akan dilengkapi dengan super market, pusat jajanan, pusat permainan anak, mushalla, dan ruang pertemuan. Dengan fasilitas yang telah lebih mapan ini, pedagang Pasar Atjeh diminta untuk mematuhi semua ketentuan-ketentuan yang telah diatur dalam penertibandan pengelolaan pasar," imbuh Mawardy.

Bangunan Pasar Atjeh ini, Mawardy menambahkan, bukan di atas tanah kosong milik Pemerintah Kota Banda Aceh sepenuhnya, melainkan juga di atas tanah milik masyarakat, pribadi, keluarga, tanah waqaf dan sebahagian milik Pemerintah Kota dengan sistem konsolidasi lahan. 

"Kami telah menetapkan pengelolaan pasar ini dengan sistem Badan Layanan Umum Daerah," ujar Mawardy Nurdin

No comments:

Post a Comment