Monday, July 22, 2013

Indahnya Suasana Ramadhan Di Aceh


Foto : Sejumlah anak-anak belajar mengaji di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh 

Banda Aceh - Bulan suci Ramadhan 1434 H telah memasuki pekan kedua. Bulan penuh rahmat dan keberkatan ini diisi dengan berbagai kegiatan untuk menyemarakkan datangnya bulan pengampunan dosa ini.

Alunan suara merdu dari para hafidz atau hafidzah muda saat membacakan kitab suci Quran di dalam masjid, atau juga anak-anak yang sedang belajar membaca Quran makin menambah keagungan bulan ini yang memiliki satu malam sama dengan ibadah 1.000 bulan.

Anak-anak atau remaja yang datang ke masjid untuk belajar mengaji tidak kalah gemanya dengan orang dewasa. Keceriaan mereka, berlari ke sana-kemari seusai mengaji, ikut mengusik para orang dewasa yang berleha-leha di meunasah atau masjid seusai shalat Zuhur.

Kepenatan di siang hari dirasakan para orang dewasa atau remaja yang melakukan tadarus pada halam hari. Mereka mengisi keheningan malam dengan lantunan ayat-ayat suci Quran dari para qari lokal seusai shalat Tarawih di meunasah atau masjid desa.

Inilah bulan yang paling ditunggu-tunggu umat Muslim di seluruh dunia. Bahkan seusai Ramadhan, biasanya mereka berdoa, agar diberi kesempatan lagi untuk menemui Ramadhan tahun depan

No comments:

Post a Comment