Tuesday, July 23, 2013

Jelang Lebaran, Warga Aceh Berburu Kain Untuk Baju Baru


Foto : Warga yang ingin membeli kain

TRADISI di Aceh, lebaran terasa tidak lengkap tanpa baju baru. Banyak warga saat ini “menyerbu” toko pakaian dan toko kain, padahal bulan puasa baru memasuk hari ke-14.

Pantauan ATJEHPOSTcom di Lhokseumawe, Selasa, 23 Juli 2013, sejak pagi warga sudah memadati toko-toko kain. Warga terlihat memilih kain yang cocok untuk dijadikan baju lebaran. “Cepat belinya biar sempat dijahit,” ujar Kak Nah, salah seorang pembeli kain di toko kain Jalan Gudang, Lhokseumawe.

Menurut Kak Nah, jika kain dibeli ketika seminggu menjelang hari raya atau lebaran, tukang jahit pasti sibuk karena lebih dahulu melayani pelanggan lain. “Memang biasanya mereka tidak mau terima lagi kain kita kalau telat,” katanya.

Tidak hanya berburu kain-kain cantik, sebagian warga juga memilih pakaian jadi. Mulai dari pakaian anak-anak sampai orang dewasa.

Salah seorang penjaga toko kain JC Textile, mengatakan, ramai warga sudah belanja kain sejak minggu pertama puasa. “Rata-rata kain yang dipilih jenis batik, kebaya, dan ada juga beberapa jenis lainnya. Dan juga kadang ada yang beli baju jadi. Namun banyak yang beli kain saja,” kata dia.

Dia menyebutkan, harga kain yang dijual bervariasi, Rp10.000 hingga Rp50.000 per meter. Ia mengaku terkadang kewalahan melayani pembeli yang semakin banyak. Namun hal tersebut suatu berkah baginya karena banyak barang dagangannya laku

No comments:

Post a Comment