Sunday, August 4, 2013

Mahasiswa Papua Yang Kuliah Di Aceh Merasa Sangat Betah Berada Di Aceh

Ditanya tentang perasaannya tinggal di Aceh Pandius mengatakan "Aceh tidak jauh berbeda dengan Papua, orangnya ramah dan mau menyapa," ujar Pandius Kogoya

Foto : Mahasiswa Papua Yang Berkuliah Di Banda Aceh.

Banda Aceh - Menikmati suasana baru dan berada di tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya memang menyenangkan. Namun bagaimana apabila harus menetap di tempat baru tersebut, bahkan di saat liburan?

Inilah yang dirasakan oleh Pandius Kogoya dan kawan kawannya. Mahasiswa asal Papua ini sedang menuntut ilmu di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.

"Sudah kuliah di sini selama sebelas bulan," jawabnya kepada ATJEHPOSTcom, Jumat 2 Agustus 2013.

Pandius dan temannya kuliah di Aceh melalui program Afremasi Direktorat Pendidikan Tinggi. "Pada tahun 2012 mahasiswa Papua yang berkuliah di sini sebanyak 20 orang, sedangkan pada tahun 2013 ada 8 orang," ujarnya.

Para mahasiswa ini tinggal di Asrama Koperasi Mahasiswa Unsyiah. Mereka tinggal di tempat tersebut bersama 2 orang penjaga, yang satunya adalah alumni dari Unsyiah yang bernama Anwar dan satunya lagi seorang security bernama Rizal.

Di sini ada 15 orang mahasiswa yang berasal dari Papua. Untuk yang perempuan mereka tinggal di asrama yang berbeda. Di bulan Ramadan mereka mengaku tidak merasakan perbedaan yang berarti karena mereka juga jarang sarapan. "Makannya siang, paling mereka masak seadanya di asrama seperti masak Indomie," ujar Anwar.

Pandius sendiri berkata, "kami menghargai yang berpuasa biasanya juga kami makannya malam sebelum menanyai dulu bahwa ditempat tersebut memang sudah waktunya berbuka."

Kini tinggal 6 orang mahasiswa Papua yang menempati asrama ini, sebagian yang lainnya sudah mudik ke kampung halaman. Termasuk juga mahasiswa Papua yang muslim.

Pandius dan beberapa temannya ini tidak mudik karena biaya mudik dari Aceh ke Papua sangat mahal, mencapai Rp 7 sampa Rp 8 juta.

Mahasiswa Papua disini berasal dari berbagai daerah di Papua. Ada yang dari Papua, ada juga yang berasal dari Papua Barat.

No comments:

Post a Comment