Tuesday, August 27, 2013

Petani Pidie Panen 30 Ton Bawang Merah

"Hasil panen ini diperoleh atas bantuan modal usaha dari Kementerian Pertanian sebanyak seratus juta," kata Ketua Kelompok Tani Nurul Huda Muhammad Saman

SIGLI - Kelompok Tani Darul Huda yang beranggotakan 25 orang asal Kecamatan Simpang Tiga Kabupaten Pidie, berhasil memanen 30 Ton Bawang dari garapan dua hektare lahan mereka. Hasil panen tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pasar lokal di wilayah Pidie.

Bantuan modal bantuan usaha tersebut, kata Saman, dipergunakan kelompok tani binaannya mulai dari pengadaan bibit, pengolahan lahan, pupuk, hingga pemerilaharaan tanaman bawang yang mereka garap.

"Setiap satu hektare menghabiskan bibit sebanyak 1 ton, dengan total biaya sebesar 50 juta untuk keseluruhannya yang digunakan hingga masa panen," jelas Saman.

"Apa yang telah kami lakukan setidaknya dapat memicu petani lainnya di Pidie, dimana mereka tetap bisa menamam walaupun lahannya kekurangan air. Dengan begitu, petani tetap akan diuntungan meski tidak menanam padi," imbuhnya.

Sementara itu Bupati Pidie Sarjani Abdullah saat menghadiri panen tersebut mengharapkan hasil panen bawang merah petani Pidie dapat memenuhi stock pasar lokal.

"Panen bawang lokal ini sangat membantu pedagang dan masyarakat untuk memenuhi stock bawang local. Selain akan menguntungkan petani, harga bawang local saat ini cukup bersaing dengan bawang impor," ujarnya..

"Dengan adanya bawang lokal, setidaknya kebutuhan bawang di pasar lokal akan terpenuhi dan harga juga terkendali,"tambahnya.

No comments:

Post a Comment